Situs Resmi Distributor PT Natural Nusantara

Situs Resmi Distributor PT Natural Nusantara

Apa Itu Keratitis Acanthamoeba? Apa Saja Bahayanya untuk Mata?

Keratitis Acanthamoeba - Lensa kontak sering kali dipakai jadi alternatif untuk Bunda dan sista yang mempunyai masalah pandangan tapi tidak ingin memakai kacamata. Bahkan juga lensa kontak seringkali digunakan untuk membuat cantik tampilan, karna ada pilihan warna lensa yang bisa merubah warna pupil mata.

Keratitis Acanthamoeba - Meskipun demikian, tahukah Bunda dan sista bila menggunakan lensa kontak dapat juga mengakibatkan infeksi mata yang begitu beresiko, yakni Keratitis Acanthamoeba.

Ya, kenyataannya di balik semuanya keringanan serta keindahan yang didapat, ada penyakit yang meneror kesehatan mata, yakni keratitis acanthamoeba. Lantas, apakah itu penyakit keratitis acanthamoeba? Bagaimana caranya menghindarnya? Simak keterangan komplitnya pada artikel berikut ini.


Keratitis Acanthamoeba, Infeksi Mata Yang Mesti Diwaspadai Waktu Gunakan Lensa Kontak

Sesungguhnya, acanthamoeba yaitu satu diantara type protozoa (parasit bersel satu) yang hidup bebas di tanah, air serta udara. Parasit ini juga akan dengan gampang menginfeksi mata serta lalu menyebabkan peradangan pada kornea atau keratitis.

Penyakit infeksi mata ini begitu mungkin saja berlangsung pada seorang yang seringkali menggunakan kontak lensa. Umumnya hal semacam ini karena sebab penyimpanannya tidak bersih serta pemakaian yg tidak pas.

Jika masalah keratitis acanthamoeba tidak teratasi dengan baik juga akan muncul luka pada kornea yang bisa berbuntut pada kebutaan bahkan juga pengangkatan dari bola mata.

Apa Tanda Penyakit Keratitis Acanthamoeba?

Ada gejala-gejala infeksi mata acanthamoeba yang umum berlangsung :
  • Nyeri hebat pada mata yang terinfeksi.
  • Produksi air mata berlebihan.
  • Rasa silau terlalu berlebih saat ada di ruang jelas atau waktu lihat sinar.
  • Penurunan tajam pandangan. 

Kontrol apa yang perlu dikerjakan?

Infeksi mata ini sedikit susah untuk didagnosis karna kadang-kadang tertukar dengan keratitis yang dikarenakan oleh virus atau bakteri beda. Jadi itu, dokter umumnya juga akan lakukan kontrol kultur (ambil sampel jaringan mata untuk diliat dibawah mikroskop).

Begitu, dokter baru dapat mendiagnosis dengan tentu apakah peradangan kornea yang berlangsung karena acanthamoeba.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata

Apakah Penyakit Keratitis Acanthamoeba Bisa Sembuh? 

Pasti dapat. Tetapi penyakit ini membutuhkan perlakuan yang cepat serta pas. Makin lama terdeteksi jadi juga akan makin kemungkinan kecil pandangan bisa kembali dengan prima.

Obat yang dipakai yaitu obat tetes mata gabungan pada kelompok biguanid serta diamidin. Pada dua hari pertama pemakaian, obat diberi tiap-tiap jam selama seharian (siang serta malam).

Lalu penyembuhan dilanjutkan dengan pemberian obat tetes itu tiap-tiap jam pada siang hari sepanjang sebagian minggu. Keseluruhnya penyembuhan bisa berjalan sepanjang 6 bln.


Apakah infeksi mata acanthamoeba dapat dihindari?

Mencegah bisa dikerjakan dengan melindungi serta bersihkan lensa kontak Bunda dan sista dengan pas. Banyak hal yang perlu di perhatikan yaitu :
  • Mencuci tangan serta mengeringkannya dengan kain bersih sebelumnya Bunda dan sista memegang lensa kontak.
  • Mencuci lensa kontak Bunda dan sista dengan larutan pencuci spesial. Mulai dengan menggosok-gosok lensa kontak dengan jari Bunda dan sista dengan perlahan-lahan, lalu basuh serta rendam lensa kontak Bunda dan sista dalam larutan spesial itu.
  • Melepaskan lensa kontak sebelumnya berenang atau sebelumnya berendam di air panas.
  • Jangan sempat membersihkan lensa kontak dengan air keran maupun air mineral.
  • Melepaskan serta ganti lensa kontak Bunda dan sista dengan berkala (sebelumnya kadaluwarsa).
  • Jangan lupa untuk membersihkan tempat lensa kontak Bunda dan sista dengan cairan spesial yang ada, lalu biarlah dalam keadaan terbuka sampai kering. 

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Tersebut keterangan singkat tentang infeksi mata keratitis acanthamoeba, Mudah-mudahan dengan ketahui pemicunya beberapa pemakai lensa kontak lebih siaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Keratitis Acanthamoeba? Apa Saja Bahayanya untuk Mata?"

Posting Komentar